[tor-commits] [translation/tor_outreach_md_completed] Update translations for tor_outreach_md_completed

translation at torproject.org translation at torproject.org
Tue Jun 18 10:50:30 UTC 2019


commit 52639ce176558e1cebaf5dac0fdf32a520f3722b
Author: Translation commit bot <translation at torproject.org>
Date:   Tue Jun 18 10:50:27 2019 +0000

    Update translations for tor_outreach_md_completed
---
 tor-outreach2019-2020-id.md | 162 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 1 file changed, 162 insertions(+)

diff --git a/tor-outreach2019-2020-id.md b/tor-outreach2019-2020-id.md
new file mode 100644
index 000000000..ab0c3901b
--- /dev/null
+++ b/tor-outreach2019-2020-id.md
@@ -0,0 +1,162 @@
+# Materi Penjangkauan Tor 2019-2020
+
+# 1. TOR UNTUK PRiVASI
+
+### Privasi adalah hak asasi manusia
+
+Seperti kebanyakan kita, Aleisha menghabiskan sebagian besar waktunya berhubungan secara daring dengan teman-teman, berbagi di media sosial, dan menjelajahi web.
+
+Namun akhir-akhir ini, ia memperhatikan bahwa iklan-iklan yang terkait pencarian yang ia lakukan sebelumnya mengikutinya dalam jaringan.
+
+Ini terasa sangat invasif sampai ia melakukan beberapa riset pada iklan daring dan mempelajari bahwa bukan hanya para pengiklan yang melacaknya namun juga PJI (Penyedia Jasa Internet), perusahaan analitik, platform media sosial, dan sebagainya.
+
+Aleisha memutuskan ia ingin mencari dan menggunakan perangkat lunak yang tidak mengumpulkan datanya, tidak melacaknya, dan tidak memberitahukan layanan lain tentang segala hal yang privat tentangnya.
+
+Ia pergi ke sebuah pelatihan privasi di sebuah ruangretas (hackerspace) lokal dan belajar tentang **Tor Browser**, satu-satunya peramban web yang memungkinkannya untuk meramban secara anonim.
+
+---
+
+# 2.TOR UNTUK FEMINIS
+
+### Masa depan adalah feminis siber
+
+Fernanda menjalankan sebuah kolektif perempuan yang fokus pada hak-hak reproduksi di Brazil, di mana aborsi adalah ilegal.
+
+Fernanda dan koleganya membangun sebuah situs web yang memberikan informasi mengenai akses terhadap aborsi, alat kontrasepsi dan sumber-sumber lainnya untuk orang yang sedang mencari informasi tentang reproduksi.
+
+Bila situs web ini terhubung kembali ke mereka, mereka bisa ditahan--atau lebih buruk lagi.
+
+Untuk melindungi diri mereka, Fernanda dan koleganya membuat situs web tersebut menggunakan **layanan onion** Tor. Layanan onion tidak hanya melindungi dari terungkapnya mereka sebagai operator dari peladen situs web tersebut tapi juga membantu melindungi pengunjung situs web mereka dengan mensyaratkan penggunaan Tor Browser.
+
+Faktanya, Fernanda menggunakan **Tor Browser** untuk segala aktivitas penjelajahan webnya untuk berada di sisi yang aman.
+
+Dia juga menggunakan aplikasi yang menggunakan jaringan Tor yang disebut **OnionShare** untuk mengirimkan berkas kepada aktifis lainnya secara aman dan privat.
+
+### Aktivis hak reproduksi seperti Fernanda berjuang untuk kebebasan dasar, dan Tor membantu menggerakan perlawanan mereka.
+
+---
+
+# 3. TOR UNTUK HAK ASASI MANUSIA
+
+### Air adalah kehidupan
+
+Jelani tinggal di sebuah desa kecil yang dilewati sungai besar.
+
+Sungai ini telah menyediakan air untuk komunitasnya sejak zaman nenek moyangnya.
+
+Namun hari ini, sungai Jelani terancam oleh perusahaan multinasional kuat yang melakukan pengeboran minyak di wilayah tersebut.
+
+Firma keamanan privat yang dibayar oleh perusahaan ini, menggunakan mekanisme pengawasan yang kuat untuk memantau aktivitas daring Jelani dan tetangganya di desa yang melakukan pengorganisiran untuk melindungi sungai sakral mereka.
+
+Jelani menggunakan **Tor Browser** untuk mencegah perusahaan ini mengamati dia saat mengunjungi situs web untuk perlindungan hak asasi internasional dan bantuan hukum dan menulis blog tentang gerakan perlawanan di desanya.
+
+Dia juga menggunakan **OnionShare** dan **SecureDrop** untuk mengirimkan dokument secara aman kepada jurnalis-jurnalis yang membantu mengekspos pelanggaran hak asasi manusia ini.
+
+Semua perangkat lunak ini menggunakan Tor untuk membantu melindungi privasi Jelani.
+
+### Aktivis hak asasi manusia seperti Jelani berjuang untuk keadilan di komunitas mereka, dan Tor membantu menggerakan perlawanan mereka.
+
+---
+
+# 4. TOR UNTUK ANTI SENSOR
+
+### Bangun jembatan bukan tembok
+
+Jean bepergian untuk pertama kalinya ke sebuah negara yang jauh dari keluarganya.
+
+Setelah tiba di hotel, dia membuka laptopnya.
+
+Dia sangat lelah saat pesan "Koneksi habis" pertama kali muncul pada peramban webnya, dia pikir itu berasal dari kesalahannya sendiri.
+
+Namun saat mencoba lagi dan lagi, dia menyadari bahwa penyedia surel, situs web berita, dan banyak aplikasi yang tidak tersedia.
+
+Dia telah mendengar bahwa negara ini menyensor internet dan bertanya-tanya apakah itu yang terjadi.
+Bagaimana dia dapat menghubungi keluarganya dari balik tembok yang tidak bisa ditembus?
+Setelah dia melakukan beberapa kali pencarian web, dia menemukan sebuah forum dan membaca tentang VPN, layanan privat yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke sebuah jaringan lain tanpa sensor.
+
+Jean menghabiskan waktu setengah jam mencoba untuk mencari tahu manakah VPN murah yang terbaik.
+
+Dia memilih satu dan tampak bekerja untuk sesaat, namun setelah lima menit sambungannya putus dan VPN tersebut tidak mau terhubung lagi.
+
+Jean terus membaca untuk mencari opsi lain dan mempelajari tentang Tor Browser dan bagaimana itu bisa mengelakkan sensor.
+
+Dia menemukan situs bayangan resmi untuk mengunduh progamnya.
+
+Saat dia membuka **Tor Browser**, dia mengikuti anjuran untuk pengguna yang disensor dan terhubung ke sebuah bridge yang memungkinkan dia mengakses internet lagi.
+
+Dengan Tor Browser, Jean dapat meramban secara bebas dan privat dan menghubungi keluarganya.
+
+### Pengguna yang disensor di seluruh dunia mengandalkan Tor Browser untuk cara yang bebas, stabil, dan tanpa sensor dalam mengakses internet.
+
+---
+
+# 5. Bagian Bersama
+
+## Apa itu Tor?
+
+Tor adalah perangkat lunak gratis dan sebuah jaringan terbuka yang membantu melindungi Anda dari pelacakan, pengawasan, dan penyensoran daring.
+Tor dibuat secara gratis oleh sebuah organisasi nirlaba 501(c)3 berbasis di Amerika Serikat bernama Tor Project.
+
+Cara paling mudah menggunakan Tor adalah Tor Browser.
+Saat Anda menggunakan Tor Browser, tidak ada seorangpun yang dapat melihat situs web apa yang Anda kunjungi atau dari mana Anda berasal.
+
+Aplikasi lainnya, seperti SecureDrop dan OnionShare, menggunakan Tor untuk melindungi pengguna mereka dari pengawasan dan sensor.
+
+
+## 6. Bagaimana Tor bekerja?
+
+Amal ingin mengunjungi situs web Bekele secara privat, lalu dia membuka Tor Browser.
+
+Tor Browser memilih sirkuit acak dari tiga relai, yang terdiri dari komputer-komputer di seluruh dunia yang dikonfigurasikan untuk mengarahkan lalu lintas melalui jaringan Tor.
+
+Tor Browser lalu mengenkripsi permintaan situs webnya sebanyak tiga kali dan mengirimkannya ke relai Tor pertama pada sirkuit.
+
+Relai pertama menghapus lapisan enkripsi pertama namun tidak mengetahui bahwa tujuannya adalah ke situs web Bekele.
+
+Relai pertama hanya mengetahui lokasi berikutnya dalam sirkuit tersebut, yaitu relai kedua.
+
+Relai kedua menghapus lapisan enkripsi lainnya dan meneruskan permintaan halaman web kepada relai ketiga.
+
+Relai ketiga menghapus lapisan enkripsi terakhir dan meneruskan permintaan halaman web kepada tujuannya, situs web Bekele, namun tidak mengetahui permintaan tersebut berasal dari Amal.
+
+Bekele tidak mengetahui bahwa permintaan situs web tersebut berasal dari Amal kecuali dia memberitahukannya.
+
+## 7. Siapa yang menggunakan Tor?
+
+Orang di seluruh dunia menggunakan Tor untuk melindungi privasi mereka dan mengakses web secara bebas.
+
+Tor membantu melindungi jurnalis, aktivis hak asasi manusia, korban kekerasan domestik, peneliti akademis, dan siapa saja yang mengalami pelacakan, sensor, atau pengawasan.
+
+## 6. Mengapa memercayai Tor?
+
+Tor didesain untuk privasi. Kami tidak mengetahui siapa saja pengguna kami, dan kami tidak menyimpan catatan dari aktivitas pengguna.
+
+Operator relai Tor tidak dapat menyingkap identitas sesungguhnya dari pengguna Tor.
+
+Peninjauan bersama terus menerus atas kode sumber Tor oleh akademisi dan komunitas sumber terbuka (open source) memastikan tidak ada pintu belakang (backdoor) pada Tor, dan kontrak sosial kami berjanji bahwa kami tidak akan membuat backdoor pada Tor.
+
+## 7. Bergabung dengan komunitas Tor
+
+Tor dimungkinkan oleh beragam pengguna, pengembang, operator relai, dan advokat dari seluruh dunia.
+
+Kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuat Tor lebih dapat digunakan dan aman untuk orang di mana pun.
+
+Anda dapat menjadi sukarelawan bersama Tor dengan cara menulis kode, menjalankan relai, membuat dokumentasi, menawarkan bantuan pengguna, atau memberitahukan orang di komunitas Anda mengenai Tor.
+
+Komunitas Tor diatur oleh sebuah kode etik, dan kami menggarisbawahi janji-janji kami kepada komunitas dalam kontrak sosial kami.
+
+Pelajari lebih lanjut mengenai Tor dengan mengunjungi situs web kami, wiki kami, temukan kami pada IRC, bergabung ke salah satu milis kami, atau mendaftar untuk Berita Tor di newsletter.torproject.org.
+
+
+## 8. Unduh Tor
+
+Tor untuk Komputer
+torproject.org/download
+
+TOR UNTUK PONSEL
+### Android
+Tor Browser untuk Android telah tersedia di GooglePlay.
+
+### iOS
+Onion Browser, dikembangkan oleh M. Tigas, adalah satu-satunya peramban yang kami rekomendasikan untuk iOS.
+



More information about the tor-commits mailing list